Selamat Datang di Blog Resmi OKPT (Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi) Pramuka Wijaya Unnes

Mengenal Pramuka Wijaya Unnes



Ambalan dan Racana Wijaya Gugus Depan Kota Semarang 14.111-14.112 Universitas Negeri Semarang merupakan wadah pembinaan bagi Pramuka penegak dan pramuka Pandega di Universitas Negeri Semarang. Tujuan dibentuknya Ambalan dan Racana Wijaya adalah memberi kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menambah pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam organisasi, pengembangan bakat kepemimpinan dalam rangka pengembangan bakat pribadi dan pengabdiannya dalam Gerakan Pramuka, masyarakat, bangsa, dan negara.

Pramuka Ambalan dan Racana Wijaya merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan Universitas Negeri Semarang yang kemudian disebut UKM PRAMUKA WIJAYA UNNES. UKM PRAMUKA WIJAYA berkedudukan di tingkat pusat (Universitas) dengan diketua oleh Ketua UKM Pramuka dan untuk tingkat fakultas disebut Guguslatih atau disingkat Guslat. Guguslatih adalah suatu wadah bagi anggota pramuka yang aktif di tingkat fakultas yang di ketuai oleh Koordinator Guguslatih. Nama Guslat disetiap Fakultas sesuai dengan nama fakultas dan urutan fakultas yang ada di Unnes, misal Fakultas teknik mempunyai urutan berdiri di Unnes ke 5, maka nama guslatnya adalah Guslat Teknik atau Guguslatih 5. Setiap Guguslatih mempunyai ciri khas dan kepengurusan masing – masing. Misal Guslat Teknik (Fakultas Teknik) warna Orange sebagai warna khasnya, Demikian juga dengan Guslat yang lain. Setiap Guslat juga diberi kewenangan / otonom masing – masing untuk mengelola Guslat dengan tetap dibawah komando atau koordinasi dari UKM PRAMUKA WIJAYA. 

Di dalam guslat sendiri terdapat ambalan dan racana untuk menggolongkan anggota berdasarkan usia. Usia 16-20 tahun masuk dalam ambalan dan usia 21-25 tahun masuk dalam racana. Ambalan dan Racana Guslat mempunyai susunan pengurus masing – masing sesuai aturan yang berlaku. Ambalan diketuai oleh Pradana, dan Racana diketuai oleh Ketua Racana. Pradana dan Ketua Racana berada dibawah koordinasi Koordinator Guslat.



Penulis : Izza A R (A05)
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Perhatian !!!
1. Berkomentarlah dengan baik dan penuh tanggung jawab.
2. Gunakan Bahasa Indonesia yang baik
3. Sebelum berkomentar silakan cek terlebih dahulu komentar sebelumnya.
4. Dilarang KERAS beriklan dalam bentuk apapun pada kolom komentar. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Note: only a member of this blog may post a comment.